Arti NIM, Daftar Fakultas, Rincian Cluster dan Mata Kuliah Mahasiswa PPKU alias TPB di IPB



Ngomong-ngomong soal mahasiswa baru, pasti kita semua setuju sebagian besar dari ‘mereka’ adalah anak-anak fresh graduate (from high school) pada tahun tersebut. Hanya sebagian saja yang merupakan lulusan SMA tahun sebelumnya. Tentunya, bagi sebagian besar fresh graduate ini, suasana perkuliahan menjadi barang baru berikut mata pelajaran-mata pelajaran di dalamnya. *eh maksudnya mata kuliah :p

Nah, kali ini, aku mau berbagi sedikit ke temen-temen semua--Entah dedek-dedek SMA yang antara penasaran dan kepingin masuk IPB, atau mungkin teman-teman seangkatan yang sekiranya tahun depan ada rencana untuk tes lagi ke IPB, atau bapak-ibu yang kepo nyariin kampus buat anaknya, atau siapapun lah yang mau tahu, hehe *kelamaan—tentang mata kuliah apa saja yang dipelajari oleh mahasiswa baru di IPB.


Kenapa mahasiswa baru di IPB seolah ‘dibedakan’ sih?
Yap. Sebetulnya ‘dibedakan’ di sini bukan berarti negatif. Sebab, ini hanya karena mahasiswa baru di IPB masih berkumpulnya dengan teman-teman yang bukan sefakultasnya saja. Wkwk gimana sih kalimatnya njelimet amat. Gini lo, mahasiswa tingkat satu di IPB itu belum sekelas dengan teman-teman satu fakultasnya (saja), melainkan dari fakultas-fakultas lain juga. Nah, ini tentu berbeda dengan mahasiswa tingkat dua dan seterusnya yang sudah sekelas dan ‘berkumpul’ dengan teman-teman satu fakultas bahkan jurusannya sendiri. Inilah yang membedakannya.

ilustrasi

Terus, kenapa mahasiswa baru harus ‘digituin’ dulu? Nggak langsung aja masuk ke departemen, kan bisa lebih fokus kuliahnya nanti(?)
Well, alasan formalnya kenapa, aku juga ngga tau hehe. Tapi percaya aja, koordinator-koordinator kegiatan di IPB pasti ngelakuin ini semua dengan maksud yang baik. Mana ada sih kampus yang sengaja menyulitkan mahasiswanya? Atau sengaja menunda ‘fokusnya’ mahasiswa dalam menuntut ilmu? Tentu nggak ada. Begitu pula IPB. Nah, kalau alasan menurut daya khayalku pribadi (wkw apa pula ini daya khayal), ini semua karena IPB sadar bahwa siswa-siswi SMA yang baru lulus itu sebetulnya masih butuh ‘jembatan’ untuk menyebrang ke dunia kampus. Karena sistem pembelajaran di SMA dan kuliah itu beda banget-nget-nget. Yaa, kayak yang sering diceritain guru-guru SMA aja. Tentang kita yang harus ngejer dosen, kita yang harus pro-aktif, dan lain sebagainya, itu semua tepat sekali. Menurutku, TPB atau PPKU ini menjadi jembatan yang baik bagi siswa-siswi SMA ini, biar nggak kaget ketika di kampus.
Alasan selanjutnya adalah, karena ternyata menjadi seorang sarjana di bidang tertentu nggak berarti kita cuma perlu tau bidang itu thok. Harus ada landasan, atau gambaran secara umum tentang bidang ilmu tersebut dan sekitarnya. Misalnya nih, sarjana kehutanan. Dia nggak bisa lulus dengan pemahaman ilmu di bidang hutan doang, tapi juga harus ngerti keterkaitannya dengan pertanian (agroforestry), dan lain-lain. Nah, ini didapatkan selama pembelajaran PPKU.
Alasan selanjutnya juga, materi-materi dasar ini sangat perlu ketika nanti kita sudah benar-benar berada di departemen. Misalnya pelajaran biologi. Di PPKU, kita belajar biologi tentang sel segala macem. Bayangkan kalau nanti seorang mahasiswa kedokteran hewan tidak menguasai biologi sel. Bakal sulit kan?


Lah terus apa bedanya sama pelajaran-pelajaran SMA? Bukannya sama aja, ya?
Bisa dibilang bener, sih. Hampir semua pelajaran PPKU adalah pelajaran selama kita SMA. Hampir, ya. Bedanya apa? Di PPKU, materi-materi SMA itu lebih didetilkan lagi. Dijelaskan kenapa bisa seperti itu, kenapa menghitung turunan bisa seperti itu, kenapa celcius itu 5 reamur 4, dan masih banyak lagi. Kalau aku pribadi sih seringnya ngalamin-“OOHH! JADI ITU TU DARI SINIIIII.”-moment gitu, hehe.

ilustrasi 2


Jadi, apa aja mata kuliah yang dipelajari?
Sebelumnya aku kasih tau lagi ya, PPKU itu terdiri dari beberapa cluster. Rinciannya sebagai berikut:

Cluster P isinya : A1(MSL), A3(PTN), A4(ARL), C1(BDP), C2(MSP), C3(THP), C4(TPT), D1(IPTP), D2(INTP), D3(THT), E3(KSHE), E4(SVK)

Cluster Q isinya : C5(ITK), E1(MNH), E2(DHH), F1(TMB), F2(ITP), F3(TIN), F4(SIL), G1(STK), G2(GFM), G5(MAT), G7(FIS)

Cluster R isinya : G6(KOM), H1(ESP), H2(MAN), H3(AGB), H4(ESL), H5(EKSYAR), K1(SB)

Cluster S isinya : I2(IKK), I3(SKPM)

Cluster T isinya : A2(AGH), B0(FKH), G3(BIO), I1(GIZ)

Cluster U isinya : G4(KIM), G8(BIOKIM)

Cluster V isinya : anak-anak internasional

Itu maksudnya A1 A2 apa, sih?
Jadi, itu adalah kode yang tercakup dalam NIM mahasiswa IPB. Misalnya nih, NIM-ku E34160002. Nah E itu artinya fakultas E alias Fakultas Kehutanan. 3 artinya departemen ketiga di dalam fakultas, yaitu Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata. 416 artinya, 4 (program yg diambil adalah program 4 tahun alias sarjana), 16 (adalah tahun masuknya yakni 2016). 0002 adalah nomor urut diterimanya kita di IPB. Biasanya keliatan tuh, yang NIMnya kecil-kecil kayak aku gitu, bisa dipastikan masuknya lewat SNMPTN, baru dilanjutkan SBMPTN, BUD, dan lain-lain.

Kalo E kan fahutan tuh. Yang lainnya gimana?
A itu Faperta (Fakultas Pertanian), B itu FKH (Fakultas Kedokteran Hewan), C itu FPIK (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan), D itu Fapet (Fakultas Peternakan), E ya tadi Fahutan, F itu Fateta (Fakultas Teknologi Pertanian), G itu FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), H itu FEM (Fakultas Ekonomi dan Manajemen), I itu FEMA (Fakultas Ekologi Manusia), J itu untuk teman-teman diploma, K itu SB (Sekolah Bisnis).



Mata kuliahnya jadi apa aja? Hehe dari tadi cabang pertanyaannya banyak banget
Nah, mata kuliah tiap clusternya adalah :

*Cluster P : semester 1 : Landasan Matematika, Biologi, Ekonomi Umum (Ekum), Pend. Agama Islam (PAI), B. Indonesia, B. Inggris, Pengantar Ilmu Pertanian (PIP). Semester 2 : Kimia, Fisika, Kewirausahaan (pra UTS aja), Pancasila, Sosiologi Umum (Sosum), Olahraga dan Seni (Orsen), Interdept (sesuai jurusan masing-masing).

*Cluster Q : semester 1 : Pengantar Matematika, Kimia, Fisika, Kewirausahaan (pra UTS aja), Pancasila, Sosum, Orsen, PIP. Semester 2 : Kalkulus, Biologi, Ekum, PAI, Bindo, Binggi,

*Cluster R : semester 1 : Pengantar Matematika, Biologi Umum, PAI, Pancasila, Fisika Umum, PIP, Kewirausahaan, Sosum. Semester 2 : Ekum, Orsen, Bindo, Binggi, Kimia Umum, Kalkulus, Interdept.

*Cluster S : Semester 1 : Sosum, Biologi Umum, Fisika Umum, Bindo, Binggi, Ekum, Kewirausahaan, PIP. Semester 2 : Landasan Matematika, Pancasila, PAI, Orsen, Kimia Umum, Interdept.

*Cluster T : Semester 1 : Biologi, Bindo, Binggi, Kimia, Orsen, PIP, PAI. Semester 2 : Kewirausahaan, Pancasila, Ekum, Sosum, Fisika, Landasan Matematika, Interdept.

*Cluster U : Semester 1 : Pengantar Matematika, Fisika, Orsen, Sosum, Kimia Dasar 1, Binggi, PIP, Kewirausahaan. Semester 2 : PAI, Ekum, Bindo, Biologi, Pancasila, Kalkulus, Interdept.

*Cluster V : International, hehe aku ngga tau.

Itu kok ada bedanya, yang umum sama yang engga? Bedanya apa?
Kalau yang umum itu, artinya dia ngga dapet praktikum, cuma kuliah biasa. Ada juga yang dasar sama yang engga, tapi aku ga gitu paham hehe. Intinya mah sama, cuma ya tadi, ada cluster-cluster yang lebih menekankan pelajaran tertentu sesuai kebutuhannya.

Sekian dulu yaa, kalau ada pertanyaan, boleh comment di bawah atau ask me on ask.fm/rizkanurulafifa ;) hehe sekaligus promosi ceritanya :D



Semoga bermanfaat yaaa! Sukses!
Much loves,
Rizka.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hai kenalin! Gue Rizka, sekarang mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata IPB. Gue sukanya banyak, salah satunya adalah nulis dan makin kesini gue makin menyadari ada banyak hal dalam hidup ini yang kadang perlu dikritisi, didukung, atau disebarluaskan. Makanya blog adalah tempat yang gue rasa tepat untuk menyalurkan semua itu. Sambil sesekali bisa jadi tempat gue berbagi cerita. Salam kenal dan selamat membaca!

32 comments:

  1. Assalamu'alaikum
    Kakak ada buku ppku yg ga d pake ? 😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. rata2 pake slide sih ppku, masih sayang gitu buat beli buku hehe

      Delete
  2. 04EC2Maria5A33414 April 2024 at 17:12

    DEF9A
    ----
    ----
    matadorbet
    ----
    ----
    ----
    ----
    ----
    ----

    ReplyDelete