Fowkes.

So today I decided to say good bye to instagram. For a year (perhaps). Sebenernya engga ada alasan khusus. Waktu UAS kemaren udah sempet nyoba, dan yes, rasanya keren banget. Nah, kebetulan kemaren temenku, Salmaka, did the same. Jadi aku kepengen lagi buat off.

Dan kenapa instagram bukan twitter atau youtube, karena aku paling banyak makan kuota, duit, waktu itu di instagram.  Dan kalau twitter, sekarang tuh hampir ga ada lagi temen-temenku yang main twitter, jadi itu kayak media aku ngomong sendiri aja. Ngomong sendiri is cool you know hahaha. Iya, kayak artis2 holiwud kan sering tuh ngomong sama dirinya sendiri wkw. Kalau youtube, sebenernya juga mirip kayak instagram, cuma kalo youtube aku ngerasa banyak juga manfaatnya. Kayak belajar bahasa2, liatin vlognya Gita Savitri haha, atau ketawa-ketawa liat sule ama andre di ini talkshow. Ya gini gini pan aye juga butuh hiburan kehidupan. Kenapa engga line? Man, semua orang skrg komunikasi pake line. Yekali gua gatau info2 kelas cuma gara2 sok sokan mempurbakan diri. Ngerepotin diri sendiri itu mah. Makanya, kepilihlah instagram yg tereliminasi.

Gimana, ya. Selama ini tuh aku ngerasa lebih banyak mudhorotnya deh itu instagram. Lebih sering dipake buat ngepoin artis-artis, seleb-seleb, dan lain-lain yang ngga penting timbang dipake dengerin Muzamil. Kan sayang aja gitu. Gue beli kuota mahal-mahal, eh habis cuma buat hal-hal yang ngga benefit buat masa depan.

Ya, seada wifi-wifi nya juga, tetep aja kan, waktu yang kebuang sia-sia jadi lebih banyak. Tapi serius ini no offense loh ya, atau mau sok-sok alim suci juga kaga. Kalo kata Salma kemaren, healty life style bruh. Pengen aja gitu aku ngerasain kayak jaman bocah dulu yang apa-apa engga ngerasa perlu dishare. Sebenernya instagram tuh kan media pamernya orang-orang kan. Iya, gua juga orang masalahnya, ngerasa. Punya barang ini pamer, bisa gambar ini pamer, suara bagus pamer, lagi dimana pamer, lagi sama siapa pamer, dapet apa pamer. Ya pokonya jadi media buat kita ngumbar hal-hal yang terjadi dari diri kita terus harapannya orang-orang bakal ada reaksi. Yekan.



Apalagi ada fitur live streaming sekarang. Ah, makin makin aja. Bentar-bentar ciko jeriko live streaming, udah deh mantengiiin mulu. Eh ciko baru kelar, giliran anaknya david bekam yang streaming. Udah aja sampe punya cucu kayak gitu mulu.

Dan aku engga mau.

Aku pengen nyoba untuk lebih apreciate the moments gitu loh. Kalo lagi makan sama orang, ya bener-bener makan sama orang, ngga sama snapgram-nya orang lain. Kalo lagi nonton, yaudah nonton. Nikmatin bener-bener, gausah cek in sana-sini. Kalo lagi beol ya nikmatin aja itu beol wkwkw cari inspirasi apa kek, judul skripsi kek (HAHA KEJAUHAN YA?). Kalo lagi minum kopi sambil liatin matahari terbenam dari lantai enam, yaudah nikmatin aja, nanti kalo udah pindah kos kosan, bakal kangen, terus nyesel karna selama ini liat sunsetnya cuma dari layar, ngga diresapi betulan. Ngga disyukuri itu nikmat Allah banget. Kalo lagi maen ke kebon binatang, yaudah nikmatin aja itu jalan-jalannya, peratiin monyet2 atau gajah yang bisa bahagia banget tanpa instagram. Belajar. Cari tau apa makanan mereka, familynya apa, sebaran geografisnya gimana, standar IUCN nya masuk kemana. Jangan malah heboh aplot sana-sini, bikin story sana-sini. Karena kenapa, pas udah pulangnya, yang keinget malah isi dari instagramnya! pilah pilih foto mana yang paling hitz buat di upload, bukan perasaan senengnya abis jalan-jalan.

Tulisan ini tu sekedar deklarasi pada diri sendiri. Biar setiap mau main ig, keinget pernah nulis ini dan jadi malu kalo ketawan ngelanggar janji. Tsaah! But i'll keep writing on this blog instead. Buat hal-hal menarik yg aku alami, bakal tetep di publish di sini. Aku juga berjanji pada diri sendiri utk baca berita lebih banyak, secara, selama ini kan suka liat info2 politik *ceileh hahaha* dari ig juga. Semoga dengan baca berita dari koran atau website resmi, aku jadi lebih bisa milih info, ngga asal langsung percaya dari akun2 abal apalagi yang blackcampaign2 begitu, uh, bikin pusing kan.

Jadi nanti, Januari 2018, aku baru mau buka instagram lagi. Ngecek hal-hal apa aja yang udah berlalu selama satu tahun ini dan itu pasti seru banget rasanya. Liat berapa orang yang nge-tag, liat berapa follower request (TAUNYA KAGA ADA SAMSEK! HAHAHA).

Dengan begitu, aku pasti jadi sadar, setahun itu sesuatu yang cepat untuk mengubah seseorang atau sesuatu, jadi jangan menyia-nyiakanya, dengan tidak melewatinya hanya dari layar hape.


Gitulah.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hai kenalin! Gue Rizka, sekarang mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata IPB. Gue sukanya banyak, salah satunya adalah nulis dan makin kesini gue makin menyadari ada banyak hal dalam hidup ini yang kadang perlu dikritisi, didukung, atau disebarluaskan. Makanya blog adalah tempat yang gue rasa tepat untuk menyalurkan semua itu. Sambil sesekali bisa jadi tempat gue berbagi cerita. Salam kenal dan selamat membaca!

10 comments: